Kamis, 23 Januari 2014

DONGGALA DONGGALA’TA DALAM PERGULATAN ZAMAN



Judul Buku    : DONGGALA DONGGALA’TA DALAM PERGULATAN
                        ZAMAN

Penulis          : Jamrin Abubakar
Ukuran          : 14, 5 X 21 Cm
Tebal             : 207 halaman
Penerbit        : Ladang Pustaka, 2013

Harga            : Rp 75.000,-

Stok               : Tersedia


Buku ini mengungkap berbagai kekayaan sejarah dan budaya Kota Donggala Tempo Doloe yang kini terlupakan dalam sejarah. Zaman dahulu kota pelabuhan dan kota pemerintahan Hindi Belanda di Sulawesi Tengah ini pernah mengalami kejayaan sebagai salah satu pusat perdagangan dan ramai disinggai kapal-kapal niaga asing dan nusantara.
Berbagai peninggalan kolonial kini terlentar tak terurus dan berbagai peristiwa sosial dan perjuangan melawan penjajah, terungkap dalam buku ini. Sebanyak 21 artikel dalam buku ini sebagai persembahan untuk pembaca  berbagai kalangan agar dapat mengetahui betapa pentingnya Kota Donggala zaman dahulu sebagai gerbang perekonomian Sulawesi Tengah.
Donggala donggala’ta berarti Donggala adalah milik kita bersama, siapapun dapat mengambil peran sesuai bidangnya demi kemajuan pembangunan. Setidaknya harapan itu diinginkan penulis dengan mengungkap sejumlah fakta dari sebuah perjalanan panjang perkembangan Donggala, terutama adanya tinggalan sejarah dan budaya, namun nyaris terlupakan. Tetapi dengan adanya buku ini, dapat “mengingatkan” kita tentang apa yang sebelumnya terlupakan atau belum diketahui, kemudian sedikit  tercerahkan.


2 komentar:

  1. dimana aku bisa dapat buku kumpulan puisi TS.AJAT?

    BalasHapus
  2. Ya di Toko Buku RAMEDIA lantai 2, Jl. Hasanuddin depan bank mandiri, Kota Palu

    BalasHapus